Tips Aman Mengendarai Mobil Saat Hujan

Genhomtour-Mengemudi-saat-Cuaca-tidak-Bersahabat

Tips Aman Mengendarai Mobil Saat Hujan – Kebanyakan mobil pasti sudah di desain dalam keadaan cuaca pana, berkabut , hujan dan cuaca lainnya. termasuk saat hujan deras. Selain mobil yang prima juga skile si pengendara harus pintar menguasai keadaan saat hujan lebat.

Kemudian permukaan jalan yang licin saat mobil melintas membuat pengemudi harus sigap agar tidak terpeleset dan berakibat pada kecelakaan. Karena mengemudi saat kondisi hujan harus ekstra waspada dan banyak faktor lainnya yang menentukan keselamanan penumpang mobil , disini kami sedikit memberikan informasi tips aman dalam mengendarai mobil saat hujan yaitu:

  1. Persiapkan Alat dan kondisi Perjalanan Anda
    Mengemudi saat hujan memerlukan perlakuan yang hati-hati terhadap alat-alat penting dalam mengemudi – stir – (clutch), rem dam pedal gas – dan kemungkinan kesalahan lain yang bisa terjadi. Saat anda memulai perjalanan dalam kondisi hujan, alas sepatu anda bisa saja basah dan licin saat menginjak pedal gas. Keringkan alas sepatu anda sebelum mulai mengemudi. Lakukan pengecekan rutin pada fungsi lampu besar, lampu samping, lampu rem dan sistim indicator bekerja dengan baik.
  2. Pandangan si pengendara jika sudah sedikit buram ahrus memperlambat kecepatan mobil. Misalnya saja jika dalam kondisi cuaca baik saat melintas di jalan tol dengan kecepatan 100 km/jam maka saat kondisi hujan diturunkan menjadi 80 km/jam. Karena saat hujan akan tercipta genangan air yang bisa membahayakan dan kondisi lainnya diluar kendali pengemudi. Jadi pilih aman saja brosis!
  3.  Sebelum Berkendara Periksa Tekanan Ban.
    Periksa kondisi tekanan udara dalam ban dan kedalaman alur ban secara rutin minimal seminggu sekali. Kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan melayang di atas air dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis.
  4.  Periksa Rem mobil anda.                                                                                                         Saat hujan, mobil membutuhkan jarak lebih panjang untuk diperlambat lajunya. Kalau biasanya butuh jarak dua detik dengan kendaraan di depan, coba kalikan dua jadi empat detik guna memperpanjang jarak rem.
  5. Penggunaan Lampu HazardKetika hujan lebat hindari penggunaan lampu hazard, gunakanlah lampu besar saja untul lebih mudah dilihat pengendara lainnya. Karena lampu hazard yang berkedap kedip terus menerus akan mengganggu pandangan mobil yang ada di belakang. Cahaya lampu rem juga menjadi berkurang karena efek dari lampu hazard ini sehingga pengemudi di belakang anda menjadi kurang peka dan resiko tertabrak jadi belakang jadi meningkat.
  6. Gunakan ABS Jika Ada Manfaatkanlah rem ABS jika harus melakukan pengereman darurat. Biasanya kebanyakan pengemudi masih enggan menekan pedal rem keras-keras karena takut tergelincir. Hal tersebut tidak berlaku jika mobil memiliki teknologi ABS karena ban tetap memiliki traksi optimal jika pedal rem ditekan keras-keras. Teknologi ABS dapat mengurangi gejala mengunci ban yang dapat menyebabkan selip.                                                                                                           Hanya itu yang bisa kami sampaikan dari kami perusahaan sewa mobil jepara, semoga informasi tersebut jadi bekal kita saat mengendarai mobil saat hujan. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *