Bahaya Menggunakan Handphone Saat Mengemudi

Bahaya Menggunakan Handphone Saat Mengemudi

Pernahkah anda melihat orang sedang berkendara tapi tangannya juga asyik memencet keyped HP-nya, mungkin sebagian orang akan menjawabnya “Ya”. Saking asyiknya tidak jarang orang tersebut seringkali lalai akan keselamatan dirinya sendiri. Orang-orang egois ini tidak pernah memikirkan akibatnya,akibat dari perbuatan tersebut dapat melukai atau bahkan menghilangkan nyawa seseorang, dan sering juga tidak fokus dan menabrak benda-benda disekitar jalan, dan juga melanggar lalu lintas. Hal itu sangat merugikan diri sendiri dan orang lain,orang-orang yang tidak tau apa-apa ikut menanggung akibatnya. bahkan dapat menyebabkan kita harus berurusan dengan pihak yang berwajib.

Apa Saja Bahaya Menggunakan Handphone Saat Mengemudi?

Fungsi HP yang sebenarnya mempermudah kita dalam berkomunikasi ternyata disalahgunakan oleh masyarakat, dengan menggunakan hp saat Mengemudikan Kendaraan.
Hal itu dikatakan berbahaya karena Bahaya Menggunakan handphone Saat Mengemudi otak pengemudi bisa dipaksa untuk berpikir secara ganda. Sehingga konsentrasi menjadi terpecah dan tidak fokus ke jalan raya, akibatnya mengurangi kestabilan dalam mengendalikan kendaraan. Apalagi ketika sedang sms, maka tingkat kewaspadaan akan jauh berkurang.Mengemudi sambil sms atau telfon bisa sama bahayanya bahkan 6 kali lebih memungkinkan dibanding mengemudi dibawah pengaruh alkohol.

Coba kita bayangkan seandainya ketika sedang mengemudi seperti supir sewa bus medium jepara yang tidak menaati peraturan yang seenaknya melaju dengan kecepatan cukup tinggi dan HP berbunyi atau bergetar, pasti mereka akan segera mengangkat telepon tersebut, dan telepon tersebut berasal dari keluarga dekat dan ternyata kabar buruk yang diterima, kita akan hilang konsentrasi saat mengemudi. Jangankan dengan kecepatan cukup tinggi,yang pelan–pelan saja kita harus tetap fokus dan konsentrasi penuh ketika mengemudi untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.seharusnya kita berhenti dan menepi jalan dulu sebelum mengangkat telepon,meskipun keadaannya sangat mendesak.

Sebenarnya beberapa lama ini di Indonesia sudah ada undang-undang yang mengaturnya. Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan Seperti halnya sewa travel jepara. Pasal yang mengatur mengenai larangan berponsel adalah pasal 283 dimana pada intinya pengemudi harus berkonsentrasi saat dijalan: Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) seseorang akan dipidana dengan kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Patuhilah setiap peraturan lalu lintas, Semenarik apapun menggunakan telepon genggam dan sepenting apapun informasi yang akan didapat melalui telepon genggam, bukankah masih jauh lebih menarik dan penting keselamatan anda di dalam perusahaan jasa rental mobil di jepara maupun kendaraan yang lainnya. Siapapun lawan bicara yang akan menghubungi kita melalui telepon genggam, mereka akan menyadari bahwa hak untuk menjawab telepon genggam seratus persen berada di tangan si pemilik telepon genggam.Masih banyak kesempatan untuk mengulangi panggilan yang sama.

Faktor penyebab Bahaya Menggunakan Handphone Saat Mengemudi adalah :

• kebiasaan dan rasa asyik yang ditimbulkan dari kecanggihan teknologi komunikasi zaman sekarang.
• Kurang kedisiplinannya masyarakat.
• Belum tau larangan UU mengenai aturan berkendara.
• Kurangnya kesadaran masyarakat akibat dan dampak perbuatannya tersebut.
• Keadaan yang penting atau darurat dan telfon segera dianggkat .

SOLUSI :

• Polantas seharusnya lebih tegas dalam menanggapi kasus seperti ini,sering diadakan razia dan lebih diperketat lagi.agar orang-orang
akan jera sehingga tidak mengulanginya lagi.
• Di setiap rambu-rambu di beri tulisan peringatan bahaya perbuatan tersebut.dan dicantumkan pula peraturan UU beserta sangsinya.
• Peringatan tidak hanya melalui tulisan atau poster dijalan,tetapi juga bisa melalui media masya,seperti radio,koran,TV,bahkan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *