Tips Hemat BBM Pada Kendaraan

Tips Hemat BBM Pada Kendaraan

Tips Hemat BBM Pada Kendaraan

Apakah anda seorang pembisnis rental mobil di jepara dan mungkin mobil anda sering boros saat pemakaian bahan bakar, mungkin anda perlu membaca Tips Hemat BBM Pada Kendaraan dari artikel kami kali ini, menghemat BBM mobil merupakan salah satu keingan bagi semua pemiliki kendaraan. Bahan Bakar Minyak (BBM) juga masuk ke dalam kebutuhan primer bagi sebuah kendaraan. Sebagai bahan bakar yang tidak dapat diperbahurui tentunya harga bahan bakar terus meningkat setiap waktunya. Maka sebagai pengguna kendaraan mobil tentu anda akan mencari cara bagaimana menghemat penggunaan BBM.

Selain menghemat pemakaian BBM, tentunya banyak usaha yang dilakukan pengguna kendaraan untuk mencari Tips Hemat BBM Pada Kendaraan. Selain itu, telah banyak produsen mobil yang menerapkan sistem mobil yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Cara yang paling efektif menghemat bahan bakar , memang dengan mengurangi jumlah bahan bakar yang digunakan. Namun banyak nya aktivitas yang anda lakukan tentunya pengurangan konsumsi bahan bakar sangat sulit dilakukan.

Terdapat beberapa Cara Menghemat BBM Mobil yang dapat anda gunakan untuk menghemat BBM mobil anda. Berikut beberapa Tips Hemat BBM Pada Kendaraan  :

1. Mengurangi beban dalam mobil.

Cara Menghemat BBM Mobil, Cara yang paling mudah untuk menghemat bbm lainnya adalah dengan memilih mobil yang lebih ringan dan sesuai dengan kebutuhan anda. Beban mobil dapat menjadi penyebab utama peningkatan pemakaian bahan bakar. Hal ini dikarenakan beban yang berat dapat menghilangkan energi kinetik pada mobil non hybrid.

Anda dapat melepaskan beban tambahan pada Mobil, Travel maupun saat kita sewa bus medium jepara seperti melepas jok mobil yang tidak pernah digunakan. Usahakan untuk tidak memanfaatkan bagasi anda untuk menyimpan benda-benda berat. Tambahan beban 100 pon dapat meningkatkan pemakaian bahan bakar sebesar 1-2%.

2. Tekanan Angin.

Tekanan angin yang kurang bisa membuat konsumsi bahan bakar boros. Apalagi kalau dibiarkan berlarut-larut satu minggu, bahkan berbulan-bulan, jelas pemborosan berlebih.
Bukan saja pemborosan terhadap kondisi ban, tapi juga bahan bakar. Ban yang kempes, membuat beban semakin berat. Ini membuat mesin bekerja lebih keras. Efeknya, pengendara harus menekan pedal gas lebih dalam lagi. Ini berarti pasokan bahan bakar akan semakin banyak.

Nah, ada baiknya juga tak sekedar diperiksa secara visual. Walu sepintas terlihat tidak kempes, tapi lebih baik kalau memang diperiksa tekanan anginya,jika hasilnya akurat.
Jika tak sempat periksa sendiri, tinggal bawa ketukang tambal ban dan minta diukur sesuai standarnya jangan melenceng  sebaiknya periksa tekanan ban pada saat kondisi dingin.
Banyak hal yang menyebabkan tekanan angin ban berkurang.Paling utama adanya kebocoran dari ban itu sendiri.

Bisa terkena benda asing atau kondisi ban yang sudah tak layak pakai.
Selanjutnya pada pentil, baik pada bagian utama atau penutupnya. Keberadaan tutup pentil kadang diremehkan, padahal ini sangan penting. Perangkat ini akan menutup jalan keluar udara dari dalam ban.
Sekaligus cek kondisi pentil itu sendiri. Sulit memang mendeteksi kerusakan pentil, sebab bendanya kecil. Tapi bukan berarti nggak bisa diperiksa. Pakai spons yang sudah dicelupkan ke air sabun, lalu oles disekitar pentil tersebut. Jika terdapat gelembung, bisa jadi indikasi kebocoran.

3. Rutin melakukan Tune-Up

Cara Menghemat BBM Mobil seringlah melakukan tune up pada mesin anda. Mesin mobil yang di tune up akan membuat peforma Mobil, dan saat kita sewa travel jepara maupun saat kita sewa bus besar pariwisata jepara anda secara maksimal. Selain itu, hal tersebut juga dapat menurunkan pemakaian bahan bakar. Namun yang perlu anda perhatikan, beberapa mekanik bengkel terkadang tidak memfokuskan pada penghematan bakar bakar. Sehingga pada proses tune up akan membutuhkan bahan bakar demi tenaga yang besar.

Sekian informasi tentang Tips Hemat BBM Pada Kendaraan dari kami. Anda dapat menerapkan beberapa bahkan semua cara yang diatas pada mobil anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *